Jumat, 21 Mei 2010


Klip Putih Abu-Abu Dhorin


Cerita ini berawal dari impian bodoh seorang pelajar cupu yang memimpikan seorang wanita sempurna untuk dapat bersanding di sampingnya. “Si cupu” itulah cara teman-teman di sekolah SMA Karitra menjulukinya,nama asli si cupu itu cukup bagus “Dhorin andika pratama”. Tapi semenjak kejadian yang pernah berlangsung di sekolahnya itu namanya menjadi indah di pelataran SMA Karitra.



***


Saat permulaan tahun ajaran siswa-siswi yang telah selesai melakukan tradisi seperti biasa yaitu masa orientasi siswa baru merasa ingin tahu bagaimana cerita tentang Dhorin siswa tadi memaksa untuk kakak kelas yang membimbing bercerita tentang Dhorin

“kak,denger-denger nih sekolah ini dulunya punya cerita sejarah penting tentang yang      namanya Dhorin?”kata siswa baru.
“iya sih!” Jawab singkat kakak kelas.
“ceritain dong kak ke kita,kita kan sebagai siswa baru juga pingin tau.”paksa siswa baru dengan rasa penasarannya.
“jangan sekarang ceritanya kalian kan harus pulang”perintah kakak kelas.
“ayo dong kak,enggak asyik lug cerita di tunda-tunda masalah pulang itu urusan gampang”sahut siswa baru.
“karena kakak orangnya baik hati dan tidak sombong dan rajin menabung ya sudah aku cerita deh”jawab kakak kelas.


***


2 tahun yang lalu seorang yang bernama Dhorin (salah satu siswa SMA Karitra yang aneh,cupu,dan enggak banget)mengubah pandangan seluruh siswa kepadanya.dia terbilang seorang siswa yang dianggep sampah oleh para populer sekolah. Dia berkacamata minus tebaldengan gaya super culun yang suka menyendiri di koridor depan kelas Melodyna(salah satu siswa populer yang beda dari yang lain).Melodyna adalah wanita yang dikagumi oleh Dhorin sejak awal menjadi siswa di sekolah ini. Semua siswa di sekolah ini pun juga mengagumi Melodyna karena paras wajahnya yang mempesona,ketulusan hatinya yang membuat kesejukan,dan otaknya yang encer banget. Walaupun Dhorin seorang cupu tapi yang namanya manusia normal pasti merasakan jatuh cinta ,dengan wajah inosen Dhorin mendekati Melodyna  
“hai!”sapa Dhorin kepada Melodyna dengan malu dan wajah memerah.
“iya ada apa rin,kug nyapa aku?”Tanya melodyna
“ha, emm,ga jadi deh dyn”dengan muka berkeringat dingin Dhorin langsung kabur.
“kenpa ya tu Dhorin?”kata melodyna


***


Setelah kejadian itu Dhorin jadi semakin takut untuk bertemu melodyna.terdengar desas desus melodyna sangat menyukai musisi.dengan sigapnya Dhorin pun tanpa berpikir panjang langsung deh coba bikin lagu tapi bukannya jadi bagus tapi tambah jadi hancur bikin ayam tetangga enggak berhenti berkokok.

“tang klontang klontang klontang,hey diam ini jam 12 malem tau kamu piker ini dunia punya kepala kamu apa malem-malem ngenjreng-ngenjreng enggak jelas”teriak tetangga sebelah rumah Dhorin.
“santai aja mbak saya kan calon musisi handal”jawab si cupu dengan santai dan percaya diri.
“ya aku ngerti kalau suaramu itu enak tapi tau ga sih lebih enak lagi kalau diem tau”teriak lebih kencang tetangga Dhorin.
“ya udah deh ngalah,tapi ada satu kata yang aku mau ucap ke mbak”kata Dhorin.
“apa?udah ngantuk tau ini!”sahut tetangga Dhorin.
“preketek mbak”jawab dhorin
“dasar enggak jelas!”sahut tetangga Dhorin.

Keesokan harinya seperti biasa wajah inosen tampang pas-pasan mengiringi langkahnya ke sekolah. Dhorin berpikir sejenak di koridor kelas Melodyna. Setelah dia berpikir lama akhirnya dia mengambil keputusan untuk cari cara lain nunjukin kemampuannya ke semua orang terutama melodyna.dia melihat handycam terlintas di pikirannya,setelah bel pulang sekolah berbunyi dia bergegas untuk pulang dan mengambil handycamnya.sesampainya di rumah, tanpa membereskan semua dia bergegas menuju kamarnya dan mengambilnya seperti orang gila dia berteriak “uereka eureka” tampak bodoh sekali berteriak seperti Galileo. Nah saat inilah perjuangan Dhorin di mulai. Ide brilian pun muncul dia rencana membuat film dengan judul catatan akhir putih abu-abu.keesokan harinya dia meluncurkan aksinya, dengan sembunyi-sembunyi Dhorin merekam kejadian unik ,lucu,serta kejadian nakal yang sering dilakukan oleh pelajar SMA pun juga dia jadikan filmnya.hingga suatu hari dia tertanggakap basah merekam siswa yang melakukan tindakan tercela.

“hei,woi ngapain kamu sama handycammu di sini,ha?”bentak Iron siswa yang melakukan tindakan tercela itu.
“ha!”Dhorin pun lari sekencang-kencangnya.

Beruntung dia tidak tertangkap dan dihajar,Dhorin tak menyadari bahwa dia berhadapan pada orang yang salah. tak terasa setelah dia dikejar-kejar gara-gara tertangkap basah merekam mereka ternyata durasi untuk pembuatan film itu telah selesai di buat. Setelah itu dia pulang kerumahnya dan segera mengedit hasil rekamannya kebetulan dalam bidang kamera Dhorin adalah pakarnya.


***


Keesokan harinya dia berangkat ke sekolah dengan rasa senang karena dia telah selesai membuat film dokumenter itu dengan susahnya. Dengan bangganya dia membawa kaset itu ke sekolah tanpa berpikir kalau para siswa SMA Karitra akan menghajar dia karena dia berani-berani merekam segala apa yang dilakukan oleh para siswa-siswa tanpa seizin mereka apalagi mendengar kalau alasan dia membuat itu film untuk bukti bahwa dia mapu dan ingin di puji Melodyna. Tepat di depan pintu gerbang sekolah Dhorin berhenti melihat semua siswa memandangnya dengan wajah sinis.

“teman-teman ini dia jagoan kita yang ingin dapatkan perhatian lebih dari kita”kata seorang siswa yang iri kepada Dhorin.
“oh,ini jagoannya!enggak punya kaca ya di rumah!”sahut lagi siswa yang lain
“dua tiga gelas berkaca”kata siswa lain
“apa itu artinya?”kata Dhorin.
“lama langsung serbu aja”sahut siswa yang berpantun tadi.
“ayo hajar”kata semua siswa.

“Bug bag bruag blem pow bug”suara pukulan siswa-siswa kepada Dhorin.berulang kali tonjokan,pukulan,sabetan ikat pinggang,dan benturan benda keras melayang di seluruh tubuhnya. Kaset film dalam tasnya di ambil dan di berikan kepada si kambing hitam bernama Iron dia juga satu sekolah dengan Dhorin.tampak lemas dan tak berdaya tubuh Dhorin. Guru yang seketika melihat langsung melerai dan membawa Dhorin ke rumah sakit. Berbulan-bulan Dhorin koma tak ada perkembangan pada kondisinya.tetesan air mata orang tua Dhorin membasahi dinding rumah sakit selama berbulan-bulan. Hingga saat Dhorin sadar penderitaan dan kemalangan pun tetap mendera hidupnya dia di vonis dokter mengidap penyakit leukemia atau kanker darah kemungkinan hidup hanyalah 5% ,dokter tidak membolehkan untuk membawa Dhorin pulang. Semua siswa yang ikut menghajar Dhorin meminta maaf kepadanya.


***


1 minggu setelah teman-temannya menjenuk Dhorin disemyamkan di tempat peristirahatannya dalam ketenangan.segala penyesalan di rasakan oleh semua temannya termasuk Melodyna dan Iron. Iron ingat kalau dia menimpan film buatan Dhorin. Iron membawa film itu kesekolah untuk dilihat oleh semua siswa dan guru-guru. Semua tidak menyangka seorang Dhorin yang terbilang cupu dll dapat membuat karya sebagus itu. Karya Dhorin di daftarkan pada lomba film dokumenter se-nasional terkejut mendengar film Dhorin mendapat peringkat 1 sekilas teman-temannya mengucap syukur atas kemenangan itu.dan semua yang tersisa penyesalan.semua teman Dhorin berziarah ke makamnya untuk memberi tahu keberhasilan karyanya,tidak ketingalan pula Melodyna sebagai wanita bermakna di hidup Dhorin juga ikut berziarah. Hidup bermakna  saat semua menjalani dengan apa adanya dan penuh keikhlasan,penyesalan dengan air mata tak bisa membangun hidup tapi penyesalan dengan harapan baru lebih indah saat menjalani akhirnya.

“gimana dik,udah tau ceritanya jadi capek nih kakak cerita”kata kakak kelas.
“indah ya kak hidup Dhorin!”kata siswa baru.
“kamu kok tau Dhorin dek?”Tanya kakak kelas.
“jujur kak,aku itu adik kandung Dhorin kak”jawab siswa baru.
“kamu harus bangga punya kakak seperti dia”kata kakak kelas.
“siap bos”jawab siswa baru.

Semuanya telah selesai cerita ini di buat untuk lebih mengenal sudut pandang berbeda dari hidup pelajar SMA. Kata kiasan hanyalah sebuah kiasan jika tak pernah melakukannya




























TUGAS BAHASA INDONESIA


CERPEN DENGAN JUDUL
KLIP PUTIH ABU-ABU DHORIN



KARYA:
NIKI CYNTIA KURNIA SARI(X-B/26)
SMA NEGERI 1 SURABAYA
TAHUN AJARAN 2009-2010

0 komentar: